Sultan Usulkan Pemerintah Beri Gelar Pahlawan Nasional untuk Semua Mantan Presiden RI

oleh -36 Dilihat

Jakarta – Wakil ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI) Sultan B Najamudin mengusulkan pemerintah untuk menyematkan gelar Pahlawan Nasional kepada semua mantan Presiden RI yang telah meninggal dunia.

Usulan ini disampaikan Sultan dengan alasan bahwa semua mantan Presiden dengan segala legacy kebaikan dan kekurangannya merupakan sosok yang telah mendedikasikan hidupnya untuk mengabdi kepada bangsa dan negara.

“Para pemimpin bangsa di setiap generasi tentu memiliki reputasi dan legacy yang berbeda, tergantung suasana ekonomi dan politik nasional serta tantangan geopolitik. Tapi mereka memiliki kesamaan visi yang luhur, yakni menjaga persatuan dan kesatuan bangsa serta mewujudkan cita-cita Nasional, keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia”, ungkap Sultan melalui keterangan resminya pada Jum’at (11/03).

Menurutnya, Pahlawan Nasional bukan merupakan sosok yang tanpa cela sosial dan politik. Mereka juga manusia biasa, demikian pula dengan para presiden kita sebelumnya. Mereka memiliki sisi lain yang harus kita maknai sebagai sebuah pelajaran berharga dalam membangun bangsa.

“Mereka adalah tokoh yang sangat dicintai dan sekaligus sangat dibenci oleh sebagian rakyatnya. Saya sangat percaya bahwa tidak ada mantan presiden RI yang benar-benar memenuhi kriteria untuk mendapatkan gelar Pahlawan Nasional. Tapi mengapa kita justru memilih untuk memperdebatkan sisi lemah para pemimpin bangsa itu, sehingga bangsa menjadi tidak adil dalam menghargai para pemimpinnya di masa lalu”, tegas Sultan.

Oleh karenanya, kata Sultan, kami berpandangan bahwa, demi kehormatan dan penghargaan bangsa ini terhadap jasa para pemimpin bangsa di masa lalu, kami mengusulkan agar setiap mantan Presiden RI yang telah berpulang kehadirat Tuhan yang Maha Kuasa kita sematkan gelar Pahlawan Nasional. Kami ingin generasi penerus bangsa ini memiliki kepekaan sejarah dan memberikan penghormatan yang sama kepada pemimpin kita saat ini di masa depan.

“Bagi kami, tidak ada pekerjaan yang paling besar dari para pemimpin bangsa ini di masa lalu kecuali memastikan persatuan dan kesatuan bangsa ini terjaga dan utuh. Dan kemerdekaan dan perdamaian bangsa yang kita nikmati saat ini merupakan buah kerja keras para Presiden RI di masa lalu”, tutupnya. (rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.