Bulan Ramadhan Penuh Berkah, KNPI Kota Bentuk Panitia Zakat Fitrah

oleh -46 Dilihat

Iwan : KNPI Itu Beri Manfaat dan Satukan Pemuda

Jajaran DPD KNPI Kota Bengkulu

Bengkulu – Pada bulan Suci Ramadhan 1443 Hijriyah tahun 2022 ini, di bulan yang penuh dengan keberkahan bagi seluruh Umat Muslim di seluruh dunia. Jajaran DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Bengkulu akan melakukan pengumpulan serta penyaluran Zakat Fitrah di Kota Bengkulu. Hal ini adalah merupakan wujud bentuk rasa syukur Pemuda KNPI Kota Bengkulu atas limpahan rahmat dan magfirah hingga sampai di Bulan Suci Ramadan kali ini
“Hasil rapat konsolidasi kita malam tadi Sabtu tanggal 16 April 2022. Pertama terkait kondisi daerah dimana saat ini ada beberapa versi kepengurusan KNPI tingkat Provinsi. Kita menegaskan bahwa barisan DPD KNPI Kota Bengkulu kami tegak lurus dengan Ketum DPP KNPI Dr Ilyas Indra dan Ketum MPI Fahd ElFouz Arafik. Dan untuk Provinsi Bengkulu meskipun sebelumnya ada kabar yang menyatakan Ketua Febry tidak lagi menjadi Ketua, namun kita dari DPD KNPI Kota Bengkulu sudah klarifikasi langsung terhadap Ketua Febry dan beliau menyatakan memang dirinya sudah demisioner sejak November tahun lalu. Sehingga untuk siapa yang bakal dimandatkan oleh DPP sebagai Plt atau Ketua Caretaker KNPI Provinsi Bengkulu nanti, kami sepakat untuk menunggu instruksi serta keputusan resmi dari DPP. Hingga saat ini, kita masih belum melihat surat resmi terkait siapa yang akan ditunjuk oleh DPP nanti. Dan selagi belum ada surat resminya maka Ketua Provinsi kita masih Bung Febry Yurdiman. Kemudian terkait kabar Hj. Riri Damayanti John Latief yang diusulkan menjadi Plt Ketua Provinsi. Maka kami sepakat sangat setuju, bahkan kami menyatakan siap mendukung Riri untuk jadi Ketua definitif,” ungkap Ketua DPD KNPI Kota Bengkulu Supratman, S. Sos, M Si usai rapat tadi malam, (16/4).


Kemudian dalam rapat konsolidasi, yang dihadiri oleh Sekretaris, Bendahara, Ketua OKK serta Ketua ketua bidang dan Wakil Sekretaris, Ketua DPD KNPI Kota Bengkulu yang akrab dipanggil Iwan itu juga menegaskan bahwa seluruh pengurus dan kader KNPI Kota Bengkulu penting untuk mengetahui bahwa berdirinya organisasi KNPI ini, sebagai induk organisasi kepemudaan atau OKP dengan tujuan menyatukan pemuda Indonesia, “Perlu kita ingatkan kembali bahwa KNPI ini, organisasi untuk menyatukan pemuda. Sehingga kita sepakat bahwa pemuda itu adalah teman dan saudara bagi kita. Kalau ada KNPI-KNPI versi lainnya, maka silahkan saja dan itulah namanya dinamika pemuda dan dinamika dalam berorganisasi. Semuanya adalah teman kita, semuanya juga adalah keluarga kita. Tidak perlu kita adu argumen ataupun debat kusir. Biarlah nanti dari pusat yang akan memutuskan siapa KNPI yang betul betul di SK kan oleh KemenkumHAM, perbedaan itu hal biasa, namun jangan dijadikan bahan untuk memecah belah pemuda,” tegas iwan.


Kemudian hasil konsolidasi yang ketiga. Ketua DPD KNPI Kota Bengkulu yang juga wartawan aktif di Provinsi Bengkulu ini juga menyampaikan. Bahwa di Bulan Suci kali ini, mereka sudah membuat program Ramadhan dengan pengumpulan serta penyaluran bantuan zakat fitrah, “Tadi sudah kita sepakati, program kegiatan Pemuda KNPI Kota Bengkulu di Bulan Suci Ramadhan kali ini, kita akan menyalurkan zakat fitrah dari KNPI. Tadi sudah kita bentuk panitia zakat fitrahnya, dimana ketuanya Jemmy, Sekretarisnya Damar dan Bendaharanya Nasti. Dimana nanti zakat fitrah yang berhasil kita kumpulkan nanti akan kita salurkan betul-betul kepada yang berhak menerimanya sesuai ketentuan dari Agama Islam. Program ramadhan ini bentuk kepedulian kita sebagai pemuda yang patuh dan taat pada agama serta kepada tuhan yang maha esa yaitu Allah SWT,” terang Iwan.


Adapun dari Ketua Panitia Zakat Fitrah KNPI Kota Bengkulu tahun 2022,Jemmy Firmindo dia menambahkan. Bahwa sebelumnya sempat diwacanakan untuk berbagi takjil ditengah kota, “Namun untuk pemberian takjil ini sudah banyak yang melakukannya. Sehingga tadi kita sepakati untuk program zakat fitrah pada Bulan Suci Ramadhan kali ini. Zakat Fitrah itu sudah bisa mulai dikumpulkan sejak besok (Minggu 17 April-red) hingga H-2 sebelum lebaran. Zakat itu nanti bisa diberikan dalam bentuk beras sesuai ketentuan dari Kemenag Kota Bengkulu. Untuk beras itu minimal 2,5 Kg perorang, sedangkan untuk uang senilai Rp 25 Ribu, Rp 30 Ribu dan tertinggi Rp 37 Ribu perorang sesuai dengan jenis beras yang mereka konsumsi sehari-hari. Zakat Fitrah ini nanti bagi seluruh pengurus dan kader KNPI wajib membayar zakat fitrahnya melalui tim panitia yang sudah dibentuk. Namun bagi warga masyarakat atau organisasi lainnya yang juga ingin membayar zakat fitrahnya melalui KNPI itu kita buka juga secara umum, sehingga masyarakat umum artinya juga boleh membayar zakat fitrahnya melalui KNPI,” kata Jemmy. (01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.